[BLOGTOUR + GIVEAWAY] WANITA BERMATA GURITA - JEMMY PIRAN


DATA BUKU

Judul Buku : Wanita Bermata Gurita
Penulis : Jemmy Piran
penyunting : Athena
Penerbit : Laksana
Tahun Terbit : 2020
Tebal Buku : 372 Hlm





~ T e n t a n g • B u k u ~

"Tentang Sepasang Mata yang Memandangmu dari Keriuhan Laut"

Ini adalah novel mitologi berbalut kisah romansa. Bermula dari kisah sesosok entitas superior penguasa laut. Harin Botan, yang ingin mencari kekasihnya Nitun Lolon, sesosok entitas superior penguasa daratan. Ia kemudian mewujud manusia bernama Ony yang ditemukan di sebuah pagi oleh lelaki bernama Baha.

Kecantikan Ony membuat para lelaki membicarakannya, namun keluarga Baha selalu menjaganya dari gangguan mereka. Tidak hanya menjalani hifuo baru sebagai manusia, Ony pun menenukan sosok Nitun Lolon dalam sosok Baha. Di saat Ony berusaha meyakinkan dirinya bahwa Baha benar-benar sosok yang dirindukannya, banyak peristiwa mengerikan yang justru terjadi di perkampungan nelayan itu. Satu per satu warga meregang nyawa dengan misterius. Mereka menuduh Ony sebagai dalang dari malapetaka itu.

"Bukankah hidup pada akhirnya menyerahkan nyawa pada kekalahan?" (Hlm, 87)

Paduan mitologi, fantasi dan sastra ini memikat pembaca. Mengangkat sesuatu yang jamaknya masih belum terlalu banyak menjadikan #WanitaBermataGurita tampil menawan.

Ony, yg memilih menjadi manusia harus berjuang keras dalam mempertahankan keseimbangan antara lautan dan daratan.

~ A k u • S u k a ~

Alur cerita buku ini menarik, halus dan lembut seperti pelicin pakaian. Ketika pembaca mulai menelusuri jalinan cerita, maka saat itu juga akan dihadapkan pada satu mitologi yang mungkin jarang pembaca ketahui, dan itu menarik. Premisnya sendiri termasuk kelas yang berat, sebab tak sesederhana hubungan dua entitas yang berbeda saja, lebih dari itu, lebih jauh dan lebih-lebih lagi. Hebatnya, pembaca akan mendapatkan kepuasan yang luar biasa. Di sini cerita bergulir penuh imajinasi, fantasi dan sastra tentu saja.  Diksi-nya indah tentu saja, memilihan kata yang tepat menjadikan buku ini nikmat untuk disantap. setiap paragraf mampu membawa emosi pembaca. Bahkan sejak halaman pertama pembaca telah dihadapkan pada sebuah kisah tentang cinta berbalut mitologi.

Penciptaan karakternya, tampak solid, dengan kekuatan deskripsi yang mumpuni. Tanpa berbelit-belit penulis menghadirkan dua pasang karakter utama yang bisa membuat pembaca jatuh cinta. Perkembangan karakter, hingga latar belakang tokoh ini dijabarkan dengan baik. Bagaimana emosi setiap tokoh pun, mampu mengugah pembaca.

Gaya berceritanya sendiri seperti mendongengkan kisah-kisah legenda yang bakal disukai oleh anak-anak. Walaupun, buku ini bukan untuk anak-anak, tapi untuk pembaca remaja hingga dewasa. Pembaca ini, tak akan merasa dijadikan anak kecil yang sedang membaca dongeng.

Gabungan antara Sastra dan Fantasi, dengan bumbu-bumbu romansa, sangat tepat sekali. terlebih lagi, di mana perkembangan Fantasi lokal yang mulai merangkak naik dan memiliki pasar sendiri.
   

~ A k u • H a r a p ~

"Iblis itu keserakahan. Yang mengambil tanpa memikirkan bagaimana memberi. Iblis itu dada yang selalu membusung dan kepala yang selalu mendongak." (Hlm, 88)

Konflik buku ini, cukup mengetarkan hati pembaca. Bahkan memberikan efek ketegangan yang tinggi. sebagai penyuka dan pembaca Fantasi, konflik seperti ini memang yang paling diharapkan oleh pembaca. Intrik-intrik kecil yang nantinya menjadikan cerita ini naik terus hingga tensi pembaca meningkat. Sejak seperempat halaman konflik mulai bermunculan, meskipun muncul terlalu dini, tak menjadikan buku ini melempem di paruh akhir cerita.

Mungkin pembaca akan dibuat sedikit kecewa dengan akhir yang sedikit menyimpan tanda tanya, beberapa masalah belum terselesaikan dengan jelas. Sehingga akan sedikit mencederai pembaca. Tapi, tenang saja menurut penuturan penulis, "Wanita Bermata Gurita" tak berakhir cukup sampai di sini. Akan ada kelanjutan dari Wanita penjelmaan gurita ini. Strategi yang tepat, sebab pikiran pembaca dikacaukan oleh sesuatu yang telah didaki dari bawah, saat berada diatas, harus dihadapkan lagi pada tingkatan yang lebih. Rasa Penasaran pembaca seperti dipermainkan. Meskipun begitu, tak semua konflik dibuat mengantung, sebagian telah diselesaikan dengan baik dan akan menghadirkan senyum puas dibibir pembaca.

"Kadang kau tidak bisa membedakan mana bisikan Tuhan dan mana bisikan iblis. Bahkan, mungkin, berkali-kali dalam hidupmu, kau mengira telah menjalani kehendak Tuhan padahal sebetulnya itu adalah bisikan iblis. Pada suatu saat, ketika kau merasa telah menggenggam dunia, kau akan memandang sebuah dunia yang begitu indah dari mata seorang iblis. Dunia yang muram akan cerlang." (Hlm, 99)

GIVEAWAY



Saatnya Giveaway!!
Aku akan membagikan 1 eks buku "Wanita Bermata Gurita - Jemmy Piran" untuk 1 orang beruntung.
Caranya, cukup mudah.
1. Follow akun Laksana, Twitter @Laksana_Fiction, Instagram @laksana_fiction atau like FB "Fiksi DIVA Press"(wajib).
2. Follow Instagram penulis @jemmy.piran(Wajib)
3. Follow akun-ku, Instagram @deto_khan(Wajib).
4. Share Info GA ini, atau Repost Feed/Stories di Instagram(Banner yang sama dengan yang ada di blog). Jika melakukan keduanya akan mendapatkan nilai tambah. Jangan lupa tambahkan tagar #GAWanitaGurita dan mention @deto_khan
5. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar pada blog ini. Dengan format :
    Nama :
    Akun IG :
    Link Share :
    Jawaban :
    
Pertanyaaan?
Makhluk Mitologi Nusantara mana yang menurutmu menarik untuk dijadikan tokoh sebuah novel?

Contoh :
 Garuda, Sebab makhluk ini menjadi simbol negara.


Jawaban cukup singkat saja, tanpa perlu penjelasan panjang lebar.
6. Setelah melakukan semua syarat, koment "Done" pada postingan Banner di instagram.
Ajak teman-temanmu sebanyak mungkin, untuk mengikuti GA ini. 
7. Giveaway berlangsung dari tanggal 16 - 22 Maret 2020, dan pengumuman pemenang paling lambat 3 hari setelah giveaway ini berakhir.

Jangan lupa berdoa dan berikan jawaban yang menarik. Pemenang akan dipilih berdasarkan jawaban terbaik.

Semoga Beruntung!!! 


Pemenang


Selamat
Nama : Rahma Dian Pradikta
Akun Instagram: @dradikta






Komentar

  1. Nama : inggit wardani
    Akun IG : @inggit_wardani
    Link Share : https://instagram.com/stories/inggit_wardani/2266113595676951869?utm_source=ig_story_item_share&igshid=15nfvlqwmamsf
    https://www.instagram.com/p/B9y2zqfgGVy/?igshid=m98jjh2ilmmx
    Jawaban :
    Aul.
    Manusia Werewolf kalau dibikin novel pasti bagus dan best seller. Karena dibikin drama saja ratingnya tinggi.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Tri Astita Gunawan
    Akun Ig : @triastitag
    Link Story : https://instagram.com/stories/triastitag/2266175968518703430?utm_source=ig_story_item_share&igshid=fez986gh0e8x

    Jawaban : Lembuswana, karena hewan mitologi ini hewan suci yang melindungi dan digunakan sebagai simbol kerajaan kutai.

    BalasHapus
  4. Nama: Via Qinuri
    Akun IG: @viaqinuri
    Link share: https://www.instagram.com/p/B9zXeVBgN0v/?igshid=yrs150aofjri
    Jawaban: Naga, sebab dia tergambar gagah dan misterius, menjadikannya selalu menarik untuk dikisahkan.

    BalasHapus
  5. Maulvi Hazna Talitha17 Maret 2020 pukul 05.48

    Nama : Maulvi Hazna Talitha

    Akun IG : @chamadheas

    Link share :
    https://www.instagram.com/p/B9z6bOaAufS/?igshid=1axobclkqfimu

    https://instagram.com/stories/chamadheas/2266417290709004253?utm_source=ig_story_item_share&igshid=14uj2c1v8mlrz

    https://twitter.com/maulvihazna/status/1239683323972087808?s=19

    Jawaban : Batara Kala. Raksasa yang wataknya tak sebagus namanya. Kalau batara kala dijadikan tokoh utama sebagai pembunuh, sepertinya bakal jadi novel thriller yang menarik.

    BalasHapus
  6. Nama : Rahma Dian Pradikta
    Akun IG : @dradikta
    Link share : https://instagram.com/stories/dradikta/2266547262889165097?utm_source=ig_story_item_share&igshid=isy3nhajb9yb
    Jawaban : Macan putih. Karena hewan tersebut sering terdengar dalam cerita masa lalu bahkan sejarah nusantara. Contoh : Raden Kian Santang yang konon identik atau berteman dengan macan putih.

    BalasHapus
  7. Manusia yg tak dirindukan17 Maret 2020 pukul 19.03

    Nama : Salmawati.J
    Akun IG : HelloSallma
    Link share : https://instagram.com/stories/hellosallma/2266815792144690965?utm_source=ig_story_item_share&igshid=mpf4qkfnv81l

    https://www.instagram.com/p/B91WdOABwjL/?igshid=1fk12r2xvg5bi

    Jawaban : Waraq ngendog makhluk 3 budaya dalam tubuhhnya yaitu, arab,cina dan jawa




    BalasHapus
  8. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*com x-)
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup. ;-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts