[RESENSI BUKU] PERSONA - SIRHAYANI

DATA BUKU 

Judul Buku : Persona
Penulis : Sirhayani
Penerbit : Penerbit Inari
Tahun Terbit : 2018
Tebal Buku : 372 Hlm








Blurb

Ara tahu ada rumor tidak mengenakkan tentang Della yang beredar di sekolah. Kepintaran Della memang tidak diragukan, tapi rumor tentang kehidupan malam cewek itulah yang sering dibicarakan teman-teman sekelasnya.

Ara tak terlalu peduli, toh gosip itu tidak mengganggu program belajar bersama mereka untuk lomba sains tingkat kota yang akan dilaksanakan bulan depan.

Namun, sore itu Ara melihat Della dijemput seorang cowok. Cowok yang pernah dan masih singgah di hati Ara--Elvan.

Ara berusaha menghilangkan praduga di kepalanya mengenai hubungan Elvan dan Della. Namun, tetap saja dia gagal merealisasikan keinginannya itu. Dia tersenyum getir saat kepingan kenangan itu kembali muncul.

Lagi.




Resensi

Novel ini tidak hanya menyajikan kisah manis anak SMA, namun juga kehidupan lain dari mereka. Termasuk pergaulan bebas mereka. Sedikit terasa kelam, namun manis. Penulis membawa kisah itu dengan cara yang berbeda.

Dalam novel ini terdapat banyak tokoh, Ara, Elvan, Della, Danny, Tama, Kezia dan Farah.

Karakter-karakter mereka sangat kuat dan memiliki kisah yang hampir sama.
Ara yang tinggal sendiri di rumah. Entah, orang tua-nya kemana! Sejauh ini aku menduga kalau Orang tua Ara telah meninggal.

Elvan, berasal dari keluarga yang 'Broken' Papanya berselingkuh dan mamanya disinyalir melakukan hal yg sama juga.

Della, tinggal di indekos, dan harus mati-matian mencari uang untuk bertahan hidup.

Premis cerita yg rumit, sudut pandang orang ketiga dan plot cerita yang menarik, gaya bahasa yang halus. Membuat saya betah untuk menghabiskan 'Persona-nya kak Sirhayani.


"Ara tak bisa berbohong kepada diri sendiri kalau dia merasa kehadiran Elvan membuatnya merasa terlindungi, " (Hlm 118)

Konflik cerita mulai berkembang di sepertiga halaman. Cerita yang dibangun dengan rapi ini, mulai mengungkap rahasia-rahasia yang telah ditebarkan sejak halaman pertama.

Bagaimana Della di masa lalu atau tentang Ara. Semuanya mengalir lancar. Jenis penceritaan yang baik. Setting tempat tidak hanya di sekolah, tapi juga di rumah Ara. Deskripsi-nya cukup halus. Karakter setiap tokoh, juga tampak nyata. Hanya saja, ada yang kurang tergali dengan baik. Untungnya tokoh utama tampil prima dan tanpa cela.

Apakah misteri yang tercipta diawal akan terpecahkan. Ada sebab akibat. Dan sebab-sebab itu sedikit demi sedikit mulai menampakkan akibat.

Pergaulan bebas, dan jenis-jenis kenakalan remaja dibahas habis di sini. Hanya saja, setting waktu yang tak dijelaskan dengan gamplang, membuat sedikit bingung.


"Elvan memberi kabar yg menurut cowok itu adalah sebuah kabar baik. Tapi, bagi dirinya sendiri? Kebalikan dari itu. Della bisa merasakan bagaimana hatinya seperti ditusuk pedang yg sangat tajam." (hlm 143)

Sebuah kesalahan kecil, akan merusak segalanya. Bukan hanya membuat satu orang kecewa, namun juga beberapa hati yg akan patah. Jadi, konflik cerita yg dibangun rapi diawal mulai diurai. Sebab akibat itu dijabarkan dengan tidak terlalu bertele-tele. Terasa cepat namun, tak membuat ngos-ngosan. 

Semua karakter dibuat tangguh dan mandiri. Hampir setiap tokoh, berjuang untuk hidupnya sendiri.
Awalnya aku pikir ini kisah yg manis. Ternyata kelam juga. Pantas saja, covernya berwarna hitam. Kalau dilihat sekilas akan mengingatkan diriku dg novel2 misteri.

Bagian-2 cerita hampir tidak ada lubang, apa yg disusun sejak awal cerita, semua diselesaikan dg baik.

Hanya ada beberapa bagian yg menurutku janggal. Ada di bagian depan namun hilang begitu saja di akhir. Tapi, tak terlalu berpengaruh sih.

Kesalahan dalam penulisan, juga ada. Terutama soal kelas Ara. Aku sedikit bingung saja. terlepas dari itu semua "Persona" adalah novel remaja yang ringan untuk dibaca.



Komentar

Posting Komentar

Popular Posts