[RESENSI BUKU] KUMPULAN PUISI - ASAL MUASAL PELUKAN - CANDRA MALIK



DATA BUKU

Judul Buku : Asal Muasal Pelukan
Penulis : Candra Malik
Penyunting : Adham T. Fusama
Penerbit : PT. Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 2016
Tebal Buku : xvi + 152 Hlm



~ R i n d u • K a l b u ~
Kalbu,
aku rindu,
dan entah berapa kali
kuucap itu setiap hari.
(Bait ke-8, Hlm 35)

Buku ini, berisi kumpulan puisi dari penyair Candra Malik. Terdapat 98 puisi yang terbagi dalam 8 bab.

Ke semua puisi tersebut, menampilkan ciri khas yang penyair. Memadukan beberapa unsur, mulai dari spiritual hingga tatanan kehidupan sosial, religi dan juga kerinduan. Rindu pada kehidupan, rindu pada sang pencipta, dan rindu sesungguhnya rindu.

Membaca puisi Candra Malik, seperti menyelami lautan yang luas. Kadang haus melanda, namun kesejukan akan terpercik dari sebuah kata sederhana. Apa yang ingin disampaikan oleh penulis tidak hanya semata-mata menghadirkan barisan kalimat indah, namun memberi penekanan makna pada setiap baitnya.

Bait-bait yang tersusun itu, membentuk sebuah pemahaman yang akan membuka mata pembaca lebih lebar. Meskipun, kadang apa yang tertulis sedikit sulit untuk ditangkap. Namun, percayalah menerjemahkan puisi ini menjadi sebuah arti tak terlalu sulit.

Bahasa yang baik, lugas, tegas, juga ketidakmungkinan akan sebuah bahasa. Menciptakan kerumitan tersendiri. Tapi, justru hal seperti ini yang menjadikan puisi-puisi ini, unik, antik, dan nyentrik.

Bahasa kalbu yang menyentuh. Merasuk relung paling dalam merupakan cara berkomunikasi dengan kehidupan yang tak mungkin, menjadi mungkin. Lewat kata indah nan memesona.

Kilauan makna itu menjerat leher pembaca. Tanpa ampun dan takkan pernah dilepaskan, hingga menemukan jalan untuk mengenal, memahami dan berpikir tentang arti sesungguhnya.

Komentar

Popular Posts