[RESENSI BUKU] NE, SAJANGNIM - DEKDI A


DATA BUKU

Judul Buku : Ne, Sajangnim
Penulis : Dekdi A
Penyunting : Sein Arlo
Penerbit : PT. Bukune Kreatif Cipta
Tahun Terbit : 2019
Tebal Buku : iv + 378 Hlm

 


~ T e n t a n g • B u k u ~

Setelah menjadi pengangguran selama satu tahun, Hwang Hana akhirnya diterima di LOUISA--perusahaan paling berpengaruh di Korea. Ia kira hidupnya akan tenang ketika sumber uang sudah di depan mata.

Namun, siapa sangka, ternyata Jung Jae Yun, bosnya yang otoriter dan galak menyiksa tenaga dan bathinnya. Berangkat pukul lima pagi, lembur sampai pukul dua belas malam. Belum lagi harus ke kediaman bosnya untuk menyiapkan pakaian dan menemani olahraga sambil membahas saham perusahaan. Sebenarnya pekerjaan apa yang Hana kerjakan? Sekretaris atau babu?

Sampai akhirnya sebuah peristiwa satu malam membuat dunia Hana dan Jae Yun berubah 180 derajat. Mereka tidak lagi dapat menjalani hubungan profesional dengan nyaman. Status mereka pun dipertanyakan, apakah terus menjadi rekan dalam pekerjaan atau harus berlanjut ke pernikahan?

 

Nah, kalau sekilas membaca blurb di atas. Sudah sangat mirip-² drama Korea kan? Yang suka drakor, juga NCT pasti akan suka juga nih.

Eit, tapi apakah aku akan suka?

Hehehe,.. jujur nih, aku jarang banget nonton drakor. Ya, pernah sih, tapi enggak pernah serius. Hehehe...,

#NeSajangnim ini sebelum naik cetak, sudah bersinar di dunia Orange(Wattpad) loh. Penasaran nggak? Lanjut nantikan ulasan berikutnya!

~ A k u • S u k a ~


Anggota BoyBand NCT itu ternyata banyak sekali. Hehehe,.. aku yg memang bukan pengemar mereka sedikit bingung mengenal mereka satu persatu. Tapi, setelah membaca ini, sedikit demi sedikit aku bisa membedakannya.

Kali ini ada si ganteng Jae Yun, yg menjadi tokoh utama dalam buku Ne, Sajangnim!

Butuh waktu agak sedikit lama memang untuk menerka karakternya, terutama bagi pembaca awam NCT. Tapi, berkat eksekusi dari penulis yg baik. Pembaca merasa tertolong. Ditambah lagi perkembangan karakternya yg baik. Hampir tidak ada cela, untuk mengatakan tidak.

Sudut pandang orang ketiga serba tahu. Pembaca dapat melihat sisi dari dua arah sekaligus.

Untuk alurnya sendiri, cukup menjanjikan. Meskipun cerita yg diangkat termasuk dalam kategori biasa. Banyak terjadi dalam cerita drama Korea. Tapi, dengan sentuhan sedikit saja, Ne, Sajangnim bisa dikatakan lebih. 
Aku di sini, adalah cara bertutur penulis yg sedikit pelan, dengan mengenalkan karakter terlebih dulu setelah itu konflik-² yg membuat benang menjadi kusut. Ada masalah cinta, keluarga hingga hubungan dalam rumah tangga.

Sayangnya, penulis sedikit kehilangan kendali. Sehingga beberapa bagian terkesan dibuat tanpa terlebih dulu melakukan observasi. Atau penulis sudah melakukannya? Hanya saja, memang terdapat kendala.

Biasanya hal ini, sering terjadi pada penulis muda yg mengangkat tema cerita dewasa. Eit, memang ini buku dewasa. Setidaknya kamu sudah cukup umur, 21+. Tidak ada adegan yg berlebihan. Tapi ada beberapa yg memang belum pantas untuk remaja.

Isu kekerasan seksual memang menjadi bahasan yg cukup rumit. Selain itu, penyelesaiannya pun berlarut-larut. Selalu datang lagi dan lagi.
.
Tapi bagaimana jika masalah seperti otu disisipkan dalam sebuah buku romance FanFiction?

Akan sangat menarik, jika berhasil digarap dengan baik.
 

~ A k u • H a r a p ~


Harapan terbesar dengan buku ini adalah, pemberian label 21+ dibelakang buku. Sebab, rupanya terdapat beberapa adegan, yg mungkin kurang cocok untuk remaja. Walaupun ini FanFiction, dan juga cerita yg akan sangat disukai para remaja. Tapi perlu diperhatikan juga kategori pembaca.

Memang miris, menghadapi fenomena seperti ini. Saat ini, banyak penulis yg meraih kepopuleran dengan hanya menghadirkan kisah percintaan dewasa. Bumbu-bumbu seperti itu, menjadi penglaris. Namun, apakah semudah itu? Aku rasa tidak. Setidaknya butuh penelitian untuk mengangkatnya, bukan asal-asalan, asal muncul dipikiran. Sehingga jatuhnya akan tampak tidak menyakinkan.

Tokoh utama pria dalam buku ini, adalah seorang duda keren, 'Sajangnim' diperusahaan besar. Sementara si tokoh utama wanita adalah gadis biasa yg kebetulan bekerja sebagai sekretaris. Sejak awal memang sudah terasa ini bukan untuk remaja. Tapi, remaja-² labil banyak yg menyukai akan cerita seperti ini.

Sebenarnya aku juga tak menampiknya. Cukup menyenangkan. Apalagi pilihan-² tokoh utama saat menghadapi konflik. Terutama saat isu pelecehan seksual dan semacamnya itu. Penulis cukup berani, menilik usia penulis yg juga masih sangat muda.

Berharap juga ada beberapa perbaikan pada diksi. Walaupun tetap enak untuk dibaca. Akan semakin terlihat matang,jika diksi dan penggunaan kalimatnya menjadi lebih efektif.
Sepertinya pembaca FanFiction sering naif dalam mengartikan bacaannya. Ekspektasi berlebihan juga terkadang membahayakan. Ada beberapa catatan penting, saat mengikuti alurnya. Mulai dari konflik hingga penokohan. 

~ S a t u • H a l ~


Lagi-lagi, aku berhadapkan pada FanFiction dengan tokoh utama member BoyBand Korea NCT. Menyenangkan memang! Terlebih lagi saat membaca buku ini ditemani MV dari NCT. Memandang cowok-² berjoget dan bernyanyi sejenak melepaskan kerumitan konflik yg terjadi dalam buku ini.

Satu hal pasti, FanFiction adalah pengembangan dari apa yg sebenarnya sudah tercipta. Penulis membangunnya dengan imajinasi dan sesuatu yg baru dari kepalanya. Sebenarnya tak baru juga, karena tema seperti ini, sudah sangat banyak di dunia kepenulisan. Tapi, gaya bertutur yg ringan serta tipe-² bahasa terjemahan menjadikan buku ini enak untuk dilahap.

Settingnya sendiri berhasil digambarkan dengan baik. Baik melalui detai, juga melalui narasi yg cukup pas dalam menghadirkan kisah Sajangnim dan sekretaris ini.

Interaksi antar tokohnya cukup memiliki unsur kimia, yg mampu membawa perasaan pembaca. Naik turunnya pas, iramanya juga terus bersenandung dengan komposisi yg stabil.

Konflik pelik khas sinetron Indonesia. Dengan akhir yg mengembirakan.


Karena cerita ini sebelumnya telah bergentayangan di dunia orange(wattpad) maka seperti biasa, pembaca akan mendapatkan bagian tambahan yg tak ada di Wattpad. Seolah menyatakan bahwa telah terjadi banyak perubahan. Aku sendiri belum pernah menjamah cerita ini di wattpad jadi tak mudah membandingkannya. Tapi, aku berpikir ini kisah yg menarik. 

~ A k u • P i k i r ~

Aku pikir buku ini tidak akan bercerita serumit ini, apalagi membahas tentang hal tabu di Indonesia. Eh, ini settingnya di Korea ya! Jadi wajar kalau begitu. Tapi, tetap saja untuk pembaca Indonesia kan? yang masih mempermasalahkan tentang, hubungan di luar pernikahan. Kalau pacaran masih bisa diterima, tapi jika sudah menjerumus kebebasan dalam bertindak hingga menjurus perzinahan mungkin, akan sangat banyak menuai pro dan kontra. Aku pribadi tak mempersalahkan itu, tapi entah saat membacanya ada getar-getar yang tak biasa, sedikit jengah.

Emosi antar tokohnya memang mampu membawa pembaca pada satu titik. Ikut merasakan apa yang memang diciptakan untuk mempengaruhi pikiran pembaca. Pesan moralnya juga tersampaikan, meski sedikit terpaksakan.
  
Banyak yang menarik di buku ini, dari kisah klise itu diperbarui dengan sangat rapi. cela-cela kecil memang belum tertutup rapat. tapi, percayalah akhir cerita yang manis tetap akan membuat pembaca suka. Tak ada yang bisa menolak cerita seperti ini. Ingat sinetron Indonesia lebih memiliki cerita yang komplek dengan konflik-konflik yang sepertinya tak akan pernah berakhir. Buku ini, jelas membawa pembaca pada tujuan akhir dari diciptakannya si tokoh rekaan. tokoh yang sudah sangat terkenal, Member BoyBand NCT. Sekali lagi, pengemar berat NCT, tak akan melewatkan FanFiction yang satu ini. Mereka akan dibuat kepanasan hingga jejeritan meneriakkan nama idolanya.

Komentar

Popular Posts