[BLOGTOUR + GIVEAWAY] DANCE OF THE BUTTERFLY - RATU KRISTINA


DATA BUKU

Judul Buku : Dance Of The Butterfly
Penulis : Ratu Kristina
penyunting : Athena
Penerbit : Laksana
Tahun Terbit : 2019
Tebal Buku : 268 Hlm

BLURB

 Namanya dia Rambo. Tapi jangan bayangkan dia berotot seperti dalam film Hollywood. Nasibnya pun tidak seberuntung Rambo dalam film film yang dipuja-puja banyak orang. Dia adalah pemuda kurus berusia 16 tahun yang dibenci ibu8nya dan dijauhi teman-teman sekolahnya. Hobinya mengkhayal tentang gadis cinta pertamnya bernama Akasia.

Pertemuannya dengan seorang pria misterius bernama Chris saat Rambo mengalami kecelakaan di Lembang, rupanya menjadi pembuka dari satu demi satu rahasia hidupnya, termasuk asal-usul nama Rambo, nasib hubungan persahabatannya dengan Isac, perasaan cintanya kepada Akasia, hingga alasan kebencian sang ibu yang tumbuh semenjak Rambo terlahir ke dunia.

Semua itu bukan karena namanya yang aneh maupun wajahnya yang menjijikkan. Semua itu karena ....

Buku ini tentang

Rambo tinggal bersama Ibu dan Ayah tirinya. Hubungan mereka sedikit kurang harmonis. Rambo merasa diasingkan, sang ibu lebih menyayangi dua adik dan ayah tirinya. Di saat itu, Rambo ingin pergi dari rumah. Rambo bertemu dengan seorang laki-laki bernama Chris. Sejak pertemuan Rambo dan Chris, sedikit demi sedikit misteri terungkap. Siapa sebenarnya Chris?

Rambo yang menyimpan cintanya untuk Akasia, mulai menemui titik terang. Chris bersemangat untuk membantu Rambo. Bahkan untuk Akasia, perempuan pujaan Rambo.

Dalam novel ini, hubungan Rambo dan Chris dijabarkan dengan sangat kental. bahkan keakraban mereka menimbulkan sebuah hubungan yang unik. Bromance. tentu saja, tema seperti ini sangat menarik. Menilik, di Indonesia sendiri bromance sangat jarang diangkat. Kurang familiar dan terkadang disalah artikan sebagai gay. Padahal gay dan bromance memiliki banyak perbedaan.

Aku suka

Pertama, aku suka dengan premisnya. sederhana namun cukup mengena. seorang anak yang bisa dikatakan broken home, berjuang untuk kehidupannya. Tema yang diangkat juga, bromance. Di sini tergambar jelas hubungan Rambo dan Chris yang kental. Bahkan hubungan ini sedikit tidak wajar. Tindakan dan perbuatan Chris terhadap Rambo, akan dipandangan oleh pembaca sebagai bentuk cinta sesama jenis. Hingga penulis mematahkan semuanya, melalui dialog yang menyatakan mereka dan pengungkapan misteri dibagian akhir cerita.

Plot mulus, meski terdapat beberapa lubang, tidak banyak menganggu jalannya cerita. Eksekusi cerita, cukup dengan misteri yang tersimpan, membaur bersama konflik. Meskipun tak terlalu berat konflik yang disajikan. Fokus utama lebih menekankan pada hubungan Chris dan Rambo. Bahkan kisah kisah cinta Rambo dan Akasia seperti tempelan, sebagai pemanis saja. Namun, karakter Akasia cukup menarik. Bangunannya kuat.

Pemberian nama tokoh juga unik. Akasia, nama pohon, aku rasa. Juga Rambo, nama tokoh dalam film Hollywood.

Sudut pandang orang pertama, serba tahu. Setting cerita, mumpuni. dengan alur yang berjalan maju. Pesan yang ingin di sampaikan sedikit terselubung. namun cukup mengena. keutuhan keluarga itu penting, menjadi diri sendiri dan terus berusaha meraih mimpi. Siapapun yang bersungguh-sungguh akan bisa meraihnya.

Aku Harap

Sebenarnya, masih ada yang menganjal pikiranku. Bagian akhir cerita masih banyak hal yang belum terungkap. Meski konflik terselesaikan dengan baik. Alangkah lebih baik lagi kalau, hubungan antara Rambo, ibu dan Ayah tirinya mendapat porsi yang lebih, daripada penyelesaian tentang Isac, sahabat Rambo. Di awal halaman, konflik antara Ayah tiri dan Rambo cukup buruk. bahkan dibuat agar pembaca merasa trenyuh dengan ini. Tentang Rambo yang tidak hanya mengalami tekanan dan sedikit penyiksaan, tapi juga kritis identitas. Rambo selalu mencari siapa dirinya sebenarnya dan menanyakan kehidupannya. seolah-olah Rambo adalah seorang pemuda paling malang di dunia. Tapi setelah bertemu Chris, fokus cerita berubah.

Sayang sekali, jika ide yang menarik ini, hanya sebagai pengalihan. Karena dari tengah halaman hingga akhir, hanya berkutat tentang Chris dan Rambo.

Bagian Akasia juga masih perlu banyak pengembangan. meskipun cukup manis sekaligus membuat hati bergetar saat mengetahui apa yang terjadi dengannya.

Aku Merasa

Menyenangkan, menghabiskan novel ini. Tak butuh banyak waktu untuk membabatnya. Bagaiaman penulis mengangkat kisah keluarga dan juga cinta. sedikit bumbu persahabatan juga tentang sebuah kehilangan.

Petunjuk yang ditebarkan penulis, memang mudah ditemukan. 

Nilai sebuah cita-cita dan perjuangan yang disampaikan penulis sangat gamblang. Ditebar melalui dialog yang cukup sederhana. Tapi, aku merasa di tokoh utama ini bisa membaca pikiran lawan bicaranya. ini terlihat jelas, saat si tokoh utama, bergumam dalam hati dan tokoh lawan bicaranya bisa menjawab apa yang dipikirkan si tokoh utama. Hal ini cukup banyak terjadi dan berulang.

Aku Pikir


Jika, novel ini mendapat lebih banyak halaman, maka yang paling utama aku inginkan adalah penyelesaian akan hubungan kekeluargaan Rambo yang disebar di awal. Cukup disayangkan jika berakhir mengantung dan kemungkinan buku lanjutan juga tidak ada. Karena memang cerita sudah sangat mendok, berakhir. peralihan sudut pandang diakhir cerita, juga sepertinya perlu diperhatikan, meski tak banyak merusak cerita. Bahkan tak membuatnya benar-benar rusak. 

Aku sangat puas dengan novel ini.

Aku sangat merekomendasikan buku ini buat pencinta buku. Karena temanya yang unik. Yaitu lebih mengedepankan bromance. dan, tak ada yang salah dengan bromance. apalagi ini bukan sekedar bromance antar sahabat, lebih dari itu.

Sangat jarang kedekatan antara Ayah dan Anak dieksplor. Dan di novel ini, semua itu tampak menarik. Pemilihan judul yang tepat, dan hampir menipu. Ya, aku kira akan bercerita tentang seseorang yang perutnya penuh kupu-kupu yang menari riang, ternyata, bukan.

Akhirnya ... Dance Of The Butterfly tampil sederhana membalut kisah Rambo.


GIVEAWAY




Saatnya Giveaway!!
Aku akan membagikan 1 eks buku "Dance Of The Butterfly - Ratu Kristina" untuk 1 orang beruntung.
Caranya, cukup mudah.
1. Follow akun Laksana, Twitter @Laksana_Fiction, Instagram @laksana_fiction atau like FB "Fiksi DIVA Press" (wajib).
2. Follow akun-ku, Twitter @Ardeto_khan, Instagram @deto_khan. (Optional).
3. Share Info GA ini, baik menggunakan twitter atau Instagram. Ketentuan share menggunakan Twitter, mention akun @Laksana_Fiction dan @Ardeto_Khan serta tambahkan hastag #DoTBGA. Untuk share di Instagram, cukup story banner seperti yang ada di atas dan mention akun @deto_khan.
4. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar pada blog ini. Dengan format :
    Nama :
    Akun Twitter\IG :
    Link Share :
    Jawaban :
    
Pertanyaaan?
Menurutmu Bromance itu seperti apa?

5. Giveaway berlangsung dari tanggal 16 - 22 September 2019, dan pengumuman pemenang paling lambat 3 hari setelh giveaway berikut berakhir.

Jangan lupa kunjungi blog yang tertera dalam banner. Jangan lupa berdoa dan berikan jawaban yang menarik. Pemenang akan dipilih berdasarkan jawaban terbaik.

Pemenang

Selamat
Nama : Maulvi Hazna
Akun twitter : @maulvihazna


Silakan kirim alamat dan No Hp melalui email ke Arydetochan(at)gmail(dot)com

Ditunggu selama 1x24 jam, jika tidak ada konfirmasi akan dipilih pemenang lain.



 

Komentar

  1. Nama : Inggit RPW
    Akun Twitter\IG : inggit_wardani
    Link Share :
    https://twitter.com/irpuspit/status/1173498973291798528?s=09
    Jawaban :
    Bromance adalah kedekatan atau persahabatan diantara dua laki-laki. Selalu membutuhkan satu sama lain. Berbeda dengan gay, kalau gay adalah mengandalkan nafsu.

    BalasHapus
  2. Nama: Ghinna Rahmadhani Nasution
    Twitter: @gr_dhani
    Link share: https://twitter.com/gr_dhani/status/1173508236068057088?s=09
    Jawaban: Menurut saya, bromance itu hubungan antar laki-laki (which is not gay), seperti brotherhood dan sisterhood, seperti kakak laki-laki dan adik laki-lakinya, seperti seorang remaja laki-laki dan teman laki-lakinya, seperti selai moka dan selai coklat (sama-sama selai) :)

    BalasHapus
  3. Nama : Maulvi Hazna
    Akun twitter : @maulvihazna
    Link share : https://twitter.com/maulvihazna/status/1173514100652929025?s=09
    Jawaban : bromance itu hubungan sangat dekat antar laki laki tapi tidak ada unsur "romance" seperti namanya. Sering kita lihat persahabatan antara perempuan yang sudah seperti saudara sendiri. Yang selalu melakukan apapun berdua dan saling berbagi. Seperti itulah bromance. Hanya saja bromance adalah persahabatan antara laki2.

    BalasHapus
  4. Nama : vena dwi
    Twitter : @cypselaa
    Link share : https://twitter.com/cypselaa/status/1173828526299987968?s=19
    Jawaban : menurutku Bromance itu kayak BFF gitu. sahabatan erat banget , saking eratnya semua hal dilakuin buat sahabatnya ini. Cuma emang sahabatan yang lengket antar cowok emang dipandang sedikit aneh di lingkunganku, beda kalau yg sahabatan itu cewek. Walau mereka mau rangkul2an tetep dipandang normal. Beda kalau yg ngelakuin cowok hehee

    BalasHapus
  5. Nama: Aka
    Akun ig: @bacem07
    Link share: https://www.instagram.com/p/B2mJUwrAnnp/?igshid=1y04xrt3nks6w
    Jawaban:

    "Menurutmu Bromance itu seperti apa?"

    Sebelumnya saya minta maaf Kak, kalau misal jawaban saya bakal kepanjangan, soale saya kalau ngetik suka kepanjangan :'((

    Bromance:
    Persahabatan antar laki-laki.

    Emm, pasti semua orang berpikiran kalau bromance itu adalah seorang 'Gay', padahal nih yaa Bromance itu jauh beda ama Gay, tapi orang kan terbiasa melihat kalau laki-laki itu yaa gak kek macem persahabatan para perempuan pada umumnya, makanya terkesan geli dan auto jijik pangkat kuadrat kalau ngeliat bromance :V

    Tapi sebenernya bromance bisa menjadi seorang 'GAY' lho!

    "Loh, kok bisa?"

    Jadi begini, yang namanya hidup pasti ada yang namanya 'batasan', gak boleh berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan efeknya bakal mengerikan, iya kan?

    "Trus hubungannya apa?"

    Hubungannya tentu ada! Yang namanya berteman harus ada batasan! Baik itu laki-laki terhadap laki-laki, perempuan terhadap perempuan, laki-laki terhadap perempuan, pasti ada yang namanya 'batasan', yaa kalau misal bromancenya udah keterlaluan yaa bisa jadi gay :'((

    Karena pernah saya liat suatu kasus (di anime yaa)

    Nah, si B ini kek anak ditelantarkan ama ortu kandungnya, makanya diambil ama keluarganya si A. Jadi si B ini anaknya itu kek nakal gitu, kelakuannya itu ya nakal, trus yang bisa jinakin dia jadi anak yang baik itu karena si A, dan yaa si A sayang bener ama si B, karena si A udah nganggep si B itu kek adek sendiri, dan mereka itu bromance lama kelamaan.

    Trus si B itu lama-kelamaan 'memiliki rasa' terhadap si A, trus si B menyatakan 'perasaannya' kepada si A, trus si A itu gak bisa nolak si B, karena dia 'takut kehilangan' si B kalau misal dia nolak perasaannya si B.

    Lalu mereka yang pada awalnya bromance, berubah menjadi seorang gay, Na'udzubillah :'V

    "Si B kenapa bisa jadi memiliki perasaan sama si A?"

    Jadi gini, mari kita lihat latar belakangnya, si B itu anak yang ditelantarkan ama ortu kandungnya, pasti yaa dia itu kek kekurangan 'kasih sayang' dari kecil, dan ketika dia mendapatkan 'kasih sayang' dia bakal merasa gimana gitu terhadap seseorang yang memberinya rasa kasih sayang, dan bisa saja dia jadi 'menyalahartikan rasa kasih sayang' jadinya yaa begitu :'((

    "Lalu kenapa si A gak negur si B kalau tindakannya itu salah?"

    Emm, karena mereka sedari kecil tidak diberi yang namanya pendidikan agama dan edukasi tentang seks, makanya mereka mengira perbuatan mereka itu adalah tindakan yang 'sah-sah' saja. Na'udzubillah :'(( lindungi kami Ya-Allah...
    Serem ya, iya :'(( Na'udzubillah...
    Makanya dalam hidup sangat penting yang namanya pendidikan apalagi agama, agama sudah ngajarin bagaimana cara hidup dengan 'BAIK DAN BENAR' Trus kita harus banyak2 berdo'a, banyakin mohon perlindungan sama Allah, biar gak terjerumus ama hal yang aneh2, karena kita gak tau kondisi kita di masa depan kek begimana :'((

    Btw, terima kasih, Kak! Maaf Kak kepanjangan :V

    BalasHapus
  6. Nama : Lina Fitriani
    Akun Twitter : @19linafitriani2
    Share link : https://twitter.com/19linafitriani2/status/1175318942660775937
    Jawaban : Menurutku Bromance itu adalah kisah yang unik buat diceritakan atau diangkat jadi novel yaitu kisah persahabatan antara dua laki laki yang sangat dekat. Memang jarang terjadi dan kalau ada pasti dikaitkan dengan 'gay' padahal keduanya punya arti yang sangat berbeda, dua laki laki yang terlibat bromance ini pasti terlihat sangat akrab dan saling melindungi, hampir sama bila dua orang perempuan yang saling BFF-an mereka layaknya saudara yang saling sayang, saling menolong dan saling melindungi. Hal yang dianggap sebelah mata oleh orang lain karena yang mereka lihat adalah apa yang ada dihadapan mereka, dan tidak sekalipun melihat latar belakang dibalik itu. Aku sendiri pernah punya teman cowok yang bromance gitu, aku lihatnya sih normal, cuma kadang emang sering jijik kalau hampir kelewatan, toh mereka cowok normal kok ,soalnya masing masing punya kekasih cewek. Justru yang buat mereka jadi keren itu mereka justru kompak kalau menyelesaikan masalah, saling lempar candaan, saling suport dan tidak pernah menjatuhkan.

    BalasHapus
  7. Saya dan teman2 memiliki website tentang membaca, salah satu postingannya adalah review novel Hujan Tere Liye, berikut linknya http://bulubook.com/review/hujan/

    BalasHapus
  8. Untuk membuat novel yang baik memang tak mudah. Tak hanya bisa menulis kemudian bercerita
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts