[RESENSI BUKU] THE INVENTION OF HUGO CABRET - BRIAN SELZNICK

INFO BUKU


Judul Buku : The Invention of Hugo Cabret
Penulis : Brian Selznick
Penerjemah : Marcalais Fransisca
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun Terbit : 2012
Tebal Buku : 543 Hlm





 SINOPSIS
      Kehadirannya bagaikan hantu. Hugo menyelinap dari satu bilik ke bilik lain, menyusuri lorong tak terlihat, dan mengendap-endap di bawah temaram lampu stasiun kota. Tak seorang pun tahu, Hugo menyembunyikan sebuah rahasia besar warisan mendiang ayahnya, satu-satunya pengikat dirinya dengan masa lalu sekaligus masa depan. Namun, semua berubah ketika dia berjumpa seorang pria tua berwajah muram yang selalu berusaha menguak rahasia besar Hugo.
               The Invention of Hugo Cabret adalah sebuah sajian yang unik, terdiri dari ilustrasi-ilustrasi indah dengan cerita yang luar biasa. sudah terbit di 30 Negara dan juga telah di filmkan pada tahun 2011.
                Apa hubungan antara pria tua itu dengan rahasia Hugo?




RESENSI

   Seorang yatim piatu bernama Hugo berumur 12 tahun, ahli mekanik dan juga keturunan dari horologis. Setelah ayahnya meninggal, Hugo ikut bersama pamannya tinggal di sebuah lorong stasiun kereta, memperbaiki jam-jam yang ada di stasiun. Setelah pamannya menghilang, Hugo berusaha untuk terus menjalankan pekerjaan pamannya dan memperbaiki automaton. Sebuah benda mekanik yang ditinggalkan oleh ayahnya. Suatu hari Hugo kedapatan mencuri di sebuah toko mainan milik George Meilies.


   George Meilies mengambil sebuah catatan milik Hugo. Hugo berusaha mengambil buku catatan itu, dibantu oleh Isabelle, putri baptis dari George Meilies.


   Hugo akhirnya berhasil memperbaiki Automaton, peninggalan ayahnya. Dengan bantuan Isabelle, kunci berbentuk hati milik Isabelle menjadi kunci untuk Automaton. Pelan-pelan Automaton bergerak dan mengoreskan coretan-coretan pada sebuah kertas. Apakah ini adalah pesan yang di tinggalkan oleh ayah Hugo? Ternyata Automaton bukan menulis tapi mengambar, menggambar sebuah adegan dari film yang pernah Hugo nonton bersama ayahnya. 'Perjalanan ke bulan'.

   Di bagian akhir Automaton membubuhkan tanda tangan di bagian bawah gambar itu. Bertuliskan George Meilies.

   Siapakah pemilik sebenarnya Automaton, dan apa hubungan antara Ayah Hugo dan George Meilies. Hugo ingin memecahkan misteri ini, bersama Isabelle, mereka mencari benang merah antara Automaton dan George Meilies. George Meilies adalah seorang seniman, pembuat film yang telah lama meninggalkan dunianya dan memilih untuk berada bersama keluarga kecilnya, membuka sebuah toko mainan di stasiun kereta. Hugo lah yang telah membawanya kembali untuk mengingat masa lalu, film buatannya dan Automaton. Misteri dan teka-teki Automaton sedikit demi sedikit terpecahkan. 

    Ada Rahasia yg perlu di ungkap.

PENOKOHAN 

Hugo seorang anak berumur 12 tahun yang pandai memperbaiki jam, pantang menyerah dan penuh semangat.  

- George Meilies seorang tokoh yang memang ada di dunia nyata. Tampil penuh fantasi. Karakternya sebagai kakek tua yang mencoba melupakan masa lalu.

- Isabelle gadis yang seumuran dengan Hugo, Putri Baptis George Meilies. meskipun kapasitas dia di dalam cerita ini hanya sedikit namun, karakternya cukup menarik. gadis yang suka dengan Rahasia.



   Buku ini sangat unik, karena terdiri dari 70% ilustrasi dan sisanya berupa teks. Cerita yang penuh fantasi. Mengambil setting kota Paris pada tahun 1931. Cerita yang tidak akan bosan dibaca berkali-kali. Terlebih lagi dengan ilustrasi cerita yang memanjakan mata. Penggambaran tokoh cukup menarik, terlebih lagi penulis berhasil menjadikan George Meilies, seseorang yang memang nyata adanya menjadi seorang tokoh rekaan.

   Pengambaran tiap karakter cukup baik, terlebih lagi dengan Ilustrasi yang indah. Pembaca tak akan kesulitan untuk mengetahui watak setiap tokoh, cukup membaca ilustrasi yang ada dan bisa menangkap apa yang disampaikan oleh penulis.

   Meskipun sekilas terlihat buku ini dibuat untuk anak-anak. Nyatanya buku ini memiliki cerita yang komplek, dengan konflik yang ringan. Ilustrasi tidak hanya mengambarkan cerita itu, tapi bagian dari cerita itu sendiri. Cerita yang terus berlanjut bergantian dengan Ilustrasi2 indah, pembaca di buat untuk menerjemahkan setiap gambar, sehingga cerita menjadi utuh.

   Alur yang halus, disertai plot cerita menawan membuat cerita ini lebih menarik, dengan kilasan-kilasan adegan masa lalu. Diceritakan dengan sudut pandang orang pertama tidak terlalu menyulitkan pembaca.

   Membabat habis buku ini, hanya dengan sekali duduk. Bahkan membuat pembaca untuk enggan meninggalkan buku yang tebal ini. Meskipun dengan jumlah halaman yang tidak bisa di bilang sedikit.

   Sayangnya, terlalu banyak Ilustrasi menjadi kelemahan buku ini. Bagi pembaca yang tak bisa menerka-nerka sebuah adegan melalui sebuah gambar akan mengalami sedikit kesulitan, karena Ilustrasi tak digunakan untuk menyelaskan cerita, tapi bagian dari cerita itu sendiri.

   Aku berikan 5 bintang untuk Ilustrasinya. Karena memang Ilustrasi dalam buku ini, keren. Dan 4 Bintang untuk cerita. Karena terdapat beberapa cerita yang menurutku masih perlu penjelasan lebih lanjut, masih banyak hal yang menurutku mengantung. Perlu pemaparan lebih lanjut lagi.




Komentar

Popular Posts